Jumat, 19 September 2008

The Art of LM317 - Coda

Selain dari nilai C yang optimal, ada 1 hal penting yang harus diperhatikan dalam mengoptimalkan LM317 yang seringkali terlewatkan yaitu membaca datasheet dari LM317.


Disana terdapat beberapa syarat supaya regulator ini bekerja optimal seperti penempatan R adj dan penggunaan C bypass pada C input.




Grounding yg optimal bisa dilihat dr ilustrasi berikut









Disini C3 , C4 dan load menggunakan jalur ground terpisah dng grounding C input ( C1 ) dan C adj. C2 sbg bypass dari C1 harus berada sedekat mungkin dng LM317.


Detail selengkapnya tentang C2 bisa dibaca di datasheet.





Juga dari graphic Fig 6 di datasheet dapat dilihat bahwa untuk mendapatkan regulasi yg baik, beda tegangan masukan dan keluaran harus berada antara 4V - 10V. Ini berati jika kita menginginkan output sebesar 12V, maka setidaknya tegangan yg masuk ke LM317 adalah 16V sampai 22V.









Selain itu, dari penelitian yg dilakukan oleh rekan2 DIYer yg memiliki test equipment yg memadai, arus yg dikonsumsi minimal adalah 10mA supaya regulasi dapat berjalan dengan baik. Jadi jika LM317 digunakan untuk mensuplai rangkaian yg hanya mengkonsumsi dibawah 10mA, maka hasilnya akan kurang memuaskan.



Blahhh ..... akhirnya kelar juga dah.




Tengkyu telah membaca

Tidak ada komentar: