Sabtu, 05 April 2014

Cascode XC Pre - Initial review ...... a V4 engine Pre Amp.

Seperti yang sudah pernah dibahas di grup Gemblung, perbedaan penggunaan DC servo dengan Output Caps benar-benar seperti pagi dan sore.  Saya tidak mengatakan output caps jelek karena mungkin caps yang dicoba tidak cocok dengan XC tetapi dari 3 caps yang saya coba, output caps akan membunuh karakter XC yang sebenarnya.

Dengan servo, tidak ada masalah dengan nada low yang kurang menjangkau kebawah seperti output caps walau sudah dipake yg ukuran 10 uF.  High yang jadi kurang transparant karena mungkin caps yang digunakan bukan premium grade yang harganya juga biasanya tidak murah.

Karakter umum untuk XC bener2 gesit, transient bagus, lownya bisa deep dan tetap punch sementara highnya bisa dibilang nyaris tanpa batas, batasnya hanya telinga kita sendiri.

Jika diibaratkan mesin, pre ini ibarat mesin sport V4 dengan rem dual caliper per cakram.


Karakter khusus XC sangat tergantung dari setting bias Jfet.  Suara yang dihasilkan cukup berbeda jika offset jfet kita set di 0 mV, dibawah 0 mV atau diatasnya.

Pada offset jfet 0 mV, stagingnya cukup bagus, image 3D dapat, layering serta separasinya bisa didapat.  Low tetap deep dan terkontrol serta high yang cukup transparant.  Buat yg biasa dengan pre tabung mungkin Mid nya terasa kurang berbobot.  Kalo dibandingkan dengan Bosoz, low dan high bagus XC , tapi midnya masih belum.

Saat offset diturunkan sampai -17 mV, perbedaan mulai cukup signifikan terutama di nada atas yang terasa lebih extend serta mid bass yg lebih gesit . ...... V4 with Turbo Charger
Staging lebih lebar tapi datar, separasi tidak sebaik 0 mV.

Sayangnya belum sempat dicoba untuk menggeser offset ke arah positif, keburu ngantuk .......

Dibawah ini foto jumper untuk mengaktifkan DC servo untuk rangkaian Cascode XC, disambung ke kaki Source 2SK2013













pengukuran iseng2 dengan hasil yang akurasinya perlu dipertanyakan .............................
Sine wave 1 KHz, 0 mV offset
















Ini Sine Wave 1 KHz  dengan offset - 17 mV

















Pengukuran dilakukan sebagai iseng belaka karena mendengarkan sine wave 1 KHz dalam waktu lama adalah sangat membosankan.

Monggo ...... silakan diterjemahkan sendiri hasilnya ....
Dan juga jangan tanya apa itu staging, layering, image ..... karena istilah tersebut digunakan hanya untuk gaya-gayaan saja supaya nampak canggih dan profesional  :-)


Terima kasih sudah membaca.


Salam,
Ba





Tidak ada komentar: